Mesin HDPE 

Mesin HDPE – Pipa HDPE merupakan jenis pipa yang menyimpan banyak keunggulan. Wajar saja jika jenis pipa kualitas terdepan ini semakin naik popularitasnya di kalangan konsumen. Untuk Anda yang belum tahu nih, beberapa kelebihan yang dihadirkan pipa HDPE ialah tidak mudah berkarat, tidak ditumbuhi jamur, tuberculate, memiliki ketahanan kimia yang sangat baik, fleksibel dan tidak mudah retak. Pipa jenis ini khusus digunakan untuk penggunaan air bersih, pembuangan air kotor dan sejenisnya. Dalam proses pemasangannya, pipa HDPE bisa dipasang atau disambung dengan menggunakan fitting dan butt fusion atau mesin pipa HDPE. Jika menggunakan fitting akan membutuhkan anggaran yang sangat besar, berbeda dengan menggunakan mesin HDPE yang hanya memerlukan biaya sedikit. Untuk Anda yang masih bingung tentang mesin HDPE, langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Menyimak Tentang Mesin HDPE

Mesin HDPE atau biasa disebut dengan welding machine HDPE pipe merupakan sebuah media penyambung pipa HDPE. Mesin ini digunakan sebagai alat yang memungkinkan fitting pipa HDPE satu dengan yang lain bisa disambung dan disatukan. Mesin ini sendiri menggunakan metode pelelehan atau pemanasan dengan cara memanaskan bagian sambungan sehingga bisa disambung dan bersenyawa dengan sempurna. Pada umumnya, proses persenyawaan yang sempurna sangat mungkin terjadi pada penyambungan pipa HDPE yang berbahan polietilena berdensitas tinggi. Proses penyambungan seperti ini memungkinkan setiap bagian sambungan pipa dapat menyatu dengan sempurna tanpa adanya sekat.

Dalam proses pemasangannya, metode pelelehan ini memanfaatkan karakter bahan thermoplastik, yaitu jenis material yang akan meleleh jika dipanaskan pada suhu tinggi dan saat didinginkan bagian lelehan akan kembali mengeras seperti sebelumnya. Proses ini akan membuat bagian sambungan merekat layaknya bagian tubuh pipa asli. Artinya, apabila pipa dibelah bagian pipa tetap terlihat satu tanpa memiliki sekat seperti terpisah satu sama lain. Hanya saja proses ini akan meninggalkan lipatan di bagian dalam dan bagian dinding luar pipa HDPE.

Bagian Penting Pada Mesin HDPE

Untuk Anda yang belum tahu, secara umum peralatan-peralatan penting dalam proses penyambungan pipa HDPE disediakan secara lengkap dalam satu set unit mesin HDPE. Berikut ini beberapa peralatan atau bagian penting yang bisa Anda temukan pada mesin ini.

  • Pemanas telepon

Bagian pemanas telepon merupakan bagian mesin dengan fungsi melelehkan bagian ujung pipa atau bagian aksesoris pipa HDPE yang hendak disambung. Alat ini dilengkapi dua pemanas anti lengket di bagian kanan dan bagian kirinya yang berguna untuk memanaskan pipa yang akan disambung di kedua sisinya sekaligus. Pemanas telepon biasanya terhubung dengan panel monitor mesin yang berfungsi untuk mengawasi suhu ideal sebelum proses pemanasan dilakukan. Panel ini juga telah dilengkapi penghitung waktu yang berguna untuk menghitung lamanya proses pemanasan pipa HDPE dilakukan. 

  • Mesin penyerut

Selanjutnya ada mesin penyerut yang berguna untuk merapikan serta mensejajarkan permukaan pipa HDPE. Proses penyerutan permukaan pipa ini tidak jauh berbeda dengan proses pelelehan pipa, di mana menggunakan dua panel yang bisa bekerja dalam satu waktu yang sama. Mesin penyerut pada mesin HDPE juga telah dilengkapi mata pisau yang berfungsi untuk meratakan dua ujung pipa dengan cepat. Prosedur penyerutan yang tepat akan membuat kualitas sambungan lebih berkualitas dan mempermudah proses penyambungan pipa HDPE.

  • Ragum penstabil posisi pipa HDPE

Berikutnya ada bagian ragum penstabil posisi pipa yang berguna untuk menjaga posisi pipa saat proses pemanasan, penyerutan dan penyambungan dilakukan. Ragum penstabil ini memiliki penguncian dratting dan komponen rel di bagian bawahnya yang berguna untuk menggerakkan pipa yang ingin disambungkan.

  • Pendorong manual

Pendorong manual ialah bagian mesin yang berguna untuk menggerakkan maju atau mundur pipa HDPE dalam beberapa tahapan proses penyambungan. Saat proses penyerutan, proses pemanasan hingga proses penyambungan akan lebih mudah dilakukan dengan mengandalkan pendorong manual atau mesin hydraulic.

  • Monitor panas dan waktu

Terakhir ada monitor panas dan monitor waktu yang ditempatkan pada mesin HDPE. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, komponen penting ini berguna untuk mengetahui seberapa tinggi suhu alat pemanas pada mesin sebelum digunakan untuk melelehkan bagian ujung pipa HDPE. Itulah beberapa bagian penting yang terdapat pada mesin HDPE, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *