Pipa dari bahan HDPE (High Density Polyethylene) banyak dipilih dipergunakan, untuk mengalirkan berbagai jenis likuid ataupun gas. Hal ini karena pipa berbahan HDPE tersebut bebas kontaminasi dan juga cukup lentur sehingga mudah dalam proses instalasi penempatan atau instalasinya. Di pasaran pipa HDPE tersebut dijual dalam bentuk batangan, yang terdiri dari beberapa batang pipa HDPE untuk suatu sistem perpipaan suatu bangunan, yang satu sama lainnya saling menyambung. Oleh karenanya maka akan diperlukan mesin HDPE guna penyambungan tersebut.

Mesin HDPE itu apa?

Mesin HDPE adalah merupakan mesin Las penyambung Pipa HDPE. Mesin penyambung pipa HDPE ini ialah suatu alat yang digunakan untuk menyambung saluran pipa PE 100 atau yang dikenal sebagai pipa HDPE tersebut dengan secara Butt Fusion. Mesin HDPE tersebut terdiri dari beberapa buah bagian. Mesin HDPE atau welding Machine HDPE Pipe, atau biasa juga disebut sebagai mesin Las Pipa HDPE tersebut ialah suatu alat untuk penyambungan dua buah ujung pipa dengan suatu persenyawaan yang sempurna. Metode tersebut akan memungkinkan suatu bagian sambungan pipa HDPE atau pipa dari bahan PE 100 tersebut bisa merekat satu sama lain dengan secara kuat tanpa sekat.

Aneka Jenis Mesin Penyambung HDPE

Terdapat dua buah jenis mesin HDPE secara umum, yakni mesin penyambungan pipa PE 100 yang berjalan secara manual dan mesin penyambungan pipa PE 100 yang berjalan secara otomatis. Mesin Las Pipa HDPE ditawarkan dengan secara bervariasi, meliputi variasi pada tipe mesin dan cara kerjanya  yakni yang manual atau pun yang otomatis dan hingga pada variasi diameter pipa HDPE nya yang akan dilakukan penyambungan.

Elemen Utama Mesin HDPE

Beberapa elemen utama pada mesin penyambungan HDPE tersebut sering terdapat pada mesin las pipa hdpe baik itu mesin las HDPE yang manual maupun mesin HDPE yang otomatis. Pada setiap produknya, maka welding machine hdpe pipe atau mesin las pipa HDPE akan terdiri dari beberapa bagian penting yang memiliki fungsi khusus masing-masing dalam metode penyambungan pipa PE 10 atau HDPE, yakni ada beberapa bagian sebagai berikut.

Ragum Pipa

Fungsi dari komponen Ragum Pipa ini adalah untuk mengikat atau menjaga agar posisi pipa agar menetap dan tidak bergesar. Bagian ini juga memiliki fungsi untuk menggerakan pipa maju dan mundur, selama proses pemanasan dan juga penyambungannya. Dalam satu jenis tipe mesin HDPE maka biasanya akan terdiri dari beberapa buah ragum yang dapat disesuaikan ukurannya dengan ukuran diameter pipanya.

Tuas Manual

Selain ragum, maka pada tipe manual terdapat juga tuas yang fungsinya untuk menggerakan pipa maju dan juga mundur. Tuas tersebut juga terdapat dalam dua buah jenis, yakni tuas yang cara kerjanya dengan cara didorong atau ditarik, dan tuas yang cara kerjanya dengan  diputar, meski fungsinya sama, namun cara kerjanya berbeda.

Rel Otomatis

Sedangkan pada mesin otomatis, maka mesin las pipa hdpe akan dilengkapi dengan suatu rel, sehingga ragum pipa dapat digerakkan dengan sistem hydraulic atau hidrolis. Metode tersebut tidak memerlukan tenaga manusia, namun akan memerlukan suatu daya listrik sebagai penggerak alatnya.

Pemanas

Kemudian bagian penting mesin ini juga ialah alat pemanas. Alat tersebut terpisah dari bagian ragumnya dan juga rel mesin las pipa hdpe nya. Fungsi bagian ini adalah untuk memanaskan dua buah ujung pipa HDPE atau aksesoris butt fusion yang akan disambungkan yang satu dengan yang lain. Alat pemanas tersebut dilengkapi dengan teflon dua sisi. Sehingga selain tidak akan membuat lengket pada bagian ujung pipa HDPE nya, maka juga bisa untuk memanaskan kedua sisi pipa atau fitting dalam jangka waktu yang bersamaan. Mesin pemanas biasanya dilengkapi juga dengan suatu monitor suhu, yakni guna mengecek dan memastikan agar ujung pipa tersambung secara rapi.

Alat Penyerut

Mesin hdpe juga dilengkapi dengan suatu alat penyerut, yang bekerja dengan secara dua sisi pada jangka waktu yang bersamaan. Proses penyerutan tersebut biasanya dilakukan pada tahap sebelum proses pemanasan.

Pelengkap lain juga adalah seperti crane, dan biasanya terdapat untuk mesin penyambung HDPE yang untuk pipa HDPE berdiameter besar, sehingga akan mempermudah proses handlingnya. Mesin HDPE tersebut memang bervariasi, pilihlah yang cocok sesuai kebutuhan dan juga anggaran.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *