Apa itu Mesin HDPE

Dalam suatu bangunan, besar maupun kecil, baik itu bangunan komersil untuk gedung perkantoran, pusat perbelanjaan hingga sekolah dan rumah sakit serta yang lainnya, maupun suatu bangunan rumah tinggal pribadi, konstruksi perpipaannya penting untuk diperhatikan, guna mengalirkan benda cair seperti aliran air bersih maupun aliran air kotor juga untuk aliran gas, atau pembungkus kabel dan lain sebagainya diperlukan adanya sambungan pipa yang rapi dan kuat. Pipa tidak dibeli dalam bentuk yang langsung panjang bermeter-meter karena akan sulit dalam pengerjaan pemasangan atau instalasinya, pipa dijual dalam bentuk batangan yang lalu perlu untuk disambung-sambung hingga mencapai panjang sesuai kebutuhannya. Pipa yang terbuat dari HDPE banyak dipilih, ini karena pipa HDPE ini bebas toxic dan juga cukup lentur. Guna penyambungan pipa tersebutlah diperlukannya mesin HDPE.

 

Apakah mesin HDPE itu

Mesin HDPE (High Density Polyethylene) atau Mesin Pipa HDPE atau yang juga sering disebut sebagai Welding Machine HDPE Pipe ialah merupakan suatu media alat penyambungan untuk menyambung pipa yang jenisnya pipa High Density Polyethylene (HDPE). Mesin Pipa HDPE tersebut akan memungkinkan beberapa buah antar pipa ataupun fitting HDPE bisa disambung antara yang satu dengan bagian yang lain.

 

Cara Kerja Mesin HDPE

Alat mesin penyambung pipa HPDE ini akan bekerja dengan mempergunakan suatu metode pelelehan yakni suatu cara penyambungan pipa HDPE dengan cara melakukan pemanasan sedemikian rupa pada suatu pipa HDPE sehingga lalu pada bagian sambungan pipa tersebut akan dapat bersenyawa dengan secara sempurna. Proses persenyawaan dengan secara sempurna tersebut akan terjadi pada proses penyambungan dengan bahan Polietilena yang berdensitas tinggi. Proses penyambungan tersebut akan memungkinkan suatu bagian sambungan bisa menyatu dengan sempurna, yakni tanpa sekat. Metode penyambungan ini dilakukan dengan memanfaatkan karakter bahan thermoplastik nya yakni terutama j

Untuk jenis PE HD atau yang dikenal luas sebagai material HDPE. Jenis material HDPE tersebut pada dasarnya akan bisa meleleh pada saat dipanaskan dengan suatu suhu tinggi tertentu yakni suhu tinggi yang mencapai hingga 220 derajat celcius.

Sementara itu, bahan HDPE ini ketika pada saat didinginkan, maka pada bagian yang tadi meleleh tersebut lalu akan bisa kembali mengeras, menjadi bentuk seperti sebelumnya. Tak hanya itu, proses ini juga akan memungkinkan bagian sambungan nya lantas bisa merekat menjadi seperti menyatu dengan bagian tubuh pipa yang lainnya, yakni maksudnya, jika pada saat dibelah, maka bagian sambungannya itu tidak akan memiliki sekat, dengan tanpa memperlihatkan dua bagian pipa yang terpisah satu dengan yang lainnya. Meski demikian, namun proses ini masih akan meninggalkan lipatan  yakni baik itu lipatan yang ada di bagian dalam maupun di bagian luar dinding pipanya.

 

Berbagai Jenis Tipe Mesin HDPE

Secara umum, biasanya suatu welding machine pipa HDPE atau yang disebut juga sebagai mesin HDPE itu ialah mempunyai dua buah jenis type, yakni mesin HDPE jenis manual dan mesin HDPE jenis tipe yang otomatis. Keduanya dibedakan dengan berdasarkan pada cara menggerakan pipanya pada saat proses penyambungannya antara satu pipa HDPE yang satu dengan pipa HDPE yang lainnya.

 

Mesin Manual HDPE

Mesin HDPE Manual merupakan suatu alat penyambung pipa HDPE yang cara kerjanya adalah dengan mempergunakan daya dorong yang secara manual, tanpa menggunakan bantuan alat mesin. Mesin manual HDPE ini digunakan dengan cara menggunakan daya dorong dari manusia, yakni atau secara diputar dengan melalui suatu tuas khusus untuk memaju dan memundurkan pipa pada saat proses penyerutannya, dan juga pada saat pemanasannya dan tentu saja pada saat penyambungannya.

 

Mesin Penyambungan HDPE Otomatis

Suatu mesin HDPE otomatis akan mempergunakan suatu mesin khusus yang fungsinya adalah untuk mendorong gerakan maju dan mundurnya pipa HDPE yang akan disambung, tanpa harus didorong dengan secara manual. Sebagai alat atau media pendorongnya pada alat ini maka akan menggunakan suatu sistem hidrolis, sehingga karenanya maka mesin otomatis ini banyak disebut juga sebagai mesin HDPE hidrolis.

Kedua jenis mesin penyambung pipa HDPE tersebut memiliki spesifikasi yang khusus masing-masing, yakni yang akan dapat dipergunakan untuk ukuran diameter pipa HDPE tertentu. Spesifikasi dari mesin HDPE ini dapat tersedia dalam beberapa buah seri, yakni seperti mesin untuk ukuran 2 inch hingga mesin yang berukuran 6 inch dan lain sebagainya. Jadi tinggal pilih saja sesuai kebutuhannya yang cocok.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *