Mesin HDPE 

Bagian-Bagian Penting Pada Mesin HDPE

Pipa HDPE atau High Density Polyethylene merupakan salah satu pilar plastik yang bertekanan. Pipa HDPE ini biasanya digunakan oleh masyarakat sebagai pipa pengaliran air bersih, pipa gas hingga air limbah. Banyaknya masyarakat yang mempercayai pipa ini memang bukan tanpa alasan. Pasalnya pipa HDPE yang terbuat dari material HDPE dari polymer minyak bumi atau polietilena ini sangat tangguh, awet serta tahan karat. Selain itu, pipa HDPE juga memiliki sistem yang kuat, fleksibel, ringan serta sudah mempunyai standar SNI dan juga standar internasional. Selain itu, pipa HDPE juga memiliki permukaan dalam pipa yang smooth bore atau halus, sangat tahan akan sinar matahari, tidak beracun, tidak korosi, memiliki sifat food grade serta sangat mudah dalam proses pemasangannya.

Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika banyak sekali orang yang berburu pipa HDPE. Nah, bagi Anda yang tertarik menggunakan pipa HDPE maka sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa perlengkapan yang harus tersedia saat Anda membeli set mesin HDPE ataupun wedding machine HDPE. Dengan mengetahui bagian-bagian pada mesin pipa HDPE maka kedepannya Anda bisa dengan mudah memilih set mesin pipa HDPE tanpa perlu khawatir kekurangan bagian-bagian penting yang ada pada mesinnya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa bagian penting pada mesin HDPE yang harus Anda ketahui, yaitu:

Ragum Penjaga Posisi Pipa HDPE

Ragum berguna untuk menstabilkan posisi fitting atau pipa yang bergerak pada saat proses penyerutan, pemanasan serta penyambungan pipanya. Ragum penjaga posisi pipa HDPE ini sudah dilengkapi dengan penguncian dratting dan rel pada bagian bawah. Kedua bagian tersebut berfungsi untuk menggerakkan pipa atau fitting HDPE yang ingin Anda sambungkan. Perlu Anda ketahui, dengan adanya ragum tersebut dapat memudahkan Anda melakukan penyambungan pipa HDPE tanpa perlu khawatir pipanya akan bergeser saat Anda menyambungkannya.

Mesin Penyerut

Mesin penyerut berguna untuk merapikan dan juga mensejajarkan bagian permukaan pipa ataupun fitting pipa HDPE yang ingin Anda sambungkan dengan menggunakan mesin HDPE. Pada dasarnya prosedur penyerutan ini hampir sama dengan proses pemanasan yang menggunakan dua panel yang bekerja diwaktu yang sama. Hanya saja mesin penyerut ini juga akan dilengkapi dengan mata pisau yang berfungsi untuk meratakan dua ujung pipa dalam waktu yang sangat singkat. Perlu Anda ketahui, jika prosedur penyerutan ini dilakukan dengan benar maka dapat membuat kualitas sambungan pipa menjadi lebih berkualitas dan juga dapat melancarkan proses penyambungan pipa HDPE.

Mesin Pendorong Manual atau Hydraulict

Mesin hydraulict atau pendorong manual berguna untuk membantu menggerakkan pipanya menjadi maju mundur atau fitting dalam beberapa tahapan proses penyambungan pipa. Beberapa tahapan penyambungan pipa tersebut ialah seperti proses pemanasan, penyerutan hingga proses penyambungan selesai dilakukan.

Pemanas Teflon

Pemanas teflon berguna untuk melelehkan bagian ujung pipa atau aksesoris pipa HDPE yang hendak Anda sambungkan. Pemanas teflon memiliki dua bagian pemanas anti lengket yang berada pada sisi kanan dan kiri yang berguna sebagai pemanas sekaligus sebagai dua sisi yang ingin disambungkan. Perlu Anda ketahui, bagian ini biasanya akan terhubung dengan panel monitor yang memiliki kegunaan untuk memonitor suhu ideal sebelum proses pemanasan dilakukan. Selain itu, panel monitor ini juga sudah dilengkapi dengan perhitungan waktu yang berguna untuk menghitung seberapa lama proses pemanasan pipa HDPE dilakukan. 

Monitor Waktu Dan Panas

Monitor waktu dan panas yang berada di dalam mesin HDPE ini berguna agar Anda bisa mengetahui seberapa tinggi suhu alat pemanas sebelum Anda menggunakannya untuk melelehkan bagian ujung pipa ataupun fitting. Monitor waktu dan panas ini sangat penting Anda perhatikan agar suhu panas dan perhitungan waktu bisa sesuai dengan ketentuan dan membuat proses penyambungan pipa HDPE bisa dilakukan secara optimal dan tentunya sempurna.

Itulah beberapa ulasan terkait beberapa bagian penting pada mesin pipa HDPE yang harus Anda ketahui. Demikianlah, semoga ulasan yang ada diatas dapat berguna dan menjadi bahan bacaan tambahan bagi Anda semua yang sedang mencari informasi seputar bagian-bagian penting pada mesin HDPE.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *