Bahan penyusun pipa hdpe untuk air

Pipa hdpe merupakan salah satu jenis yang biasanya digunakan untuk mengalirkan fluida. Bukan hanya untuk kebutuhan air bersih, namun juga untuk menyalurkan air bekas limbah, juga gas dan udara dengan suhu dan tekanan yang tinggi. Membahas mengenai kapabilitas pipa hdpe ini tidak bisa jauh-jauh dari bahasan mengenai bahan yang menyusunnya.

Pipa hdpe terbuat dari bahan yang disebut sebagai thermo plastic. Pengembangan pipa hdpe dengan bahan baku thermo plastic ditengarai oleh kelemahan-kelemahan yang muncul dari pipa berbahan dasar besi. Pada waktu sebelum pipa berbahan thermo plastic digunakan sebagai pilihan utama, bahan besi adalah salah satu pipa yang digunakan untuk menyalurkan berbagai jenis fluida.

Namun ternyata pipa berbahan besi sangat rentan mengalami karat, terlebih lagi jika harus beradaptasi dengan suhu lingkungan dan jenis cairan yang ada di dalamnya. Pipa yang berkarat kemudian akan mengalami abrasi atau pengikisan, dikarenakan gesekan dengan air, sinar ultra violet, dan juga temperatur di lingkungan. Karena itulah bahan thermo plastic sampai saat ini dianggap menjadi pilihan yang lebih baik daripada besi. Sebab bahan ini memiliki kelenturan dan ketahanan yang jauh lebih baik dan aman bagi penggunaan pada bahan makanan.

Kelebihan pipa hdpe untuk air thermo plastic

Sebagai bahan utama penyusun pipa hdpe, thermo plastic memang benar memiliki kualitas yang berada di atas bahan dari besi. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pipa hdpe adalah sebagai berikut :

  1. Tidak gampang berkarat. Karat merupakan salah satu masalah yang sangat sering terjadi pada pipa saluran air. Karena memang besi sangat beresiko mengalami pengeroposan karena terpapar faktor eksternal. Namun hal ini tidak terjadi di pipa berbahan thermo plastic seperti pada pipa hdpe.
  2. Bahan lebih ringan. Hal lain yang membedakan kualitas pipa besi dengan pipa thermo plastic adalah karena beban yang dimiliki. Jika kamu belum pernah membandingkannya secara langsung, ketahuilah bahwa pipa hdpe memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan pipa besi pada umumnya. Kelebihan inilah yang ternyata memberikan banyak keuntungan lainnya. Misalnya memudahkan pengangkutan untuk proyek-proyek, beban yang ringan menyebabkan mobilisasi pipa juga jauh lebih gampang. Selain itu bobot yang ada memudahkan proses pemasangan dari pipa hdpe itu sendiri.
  3. Proses pemasangan dan penyambungan yang lebih efektif. Dibandingkan dengan pipa berbahan besi, pipa hdpe memiliki jenis sambungan yang lebih banyak. Untungnya lagi, jenis sambungan yang ada di bahan thermo plastic ini ternyata lebih efektif dan efisien. Pelaksanaannya lebih cepat dan juga ternyata sambungan yang dilakukan bisa jadi sama kuatnya seperti pipa di bagian utama.
  4. Memiliki ragam jenis yang bisa menyesuaikan kebutuhan. Pipa hdpe memiliki banyak jenis, mulai dari yang didasarkan pada fungsi dan kegunaannya, lalu pada ketahanannya terhadap tekanan fluida, dan yang terakhir adalah pada pengemasannya. Banyaknya jenis pipa hdpe ini memberikan keleluasaan pemakaian, agar benar-benar sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Jenis-jenis aksesoris pipa hdpe untuk air

Dalam proses pemasangan dan penyambungan pipa hdpe, terdapat beberapa jenis aksesoris atau yang biasa disebut sebagai fitting. Aksesoris ini berfungsi untuk merekatkan dan menguatkan posisi pipa hdpe. Secara general pipa hdpe memiliki 3 jenis aksesoris utama, yang umumnya digunakan :

  1. Compression joint, merupakan aksesoris yang biasanya digunakan jika ingin melakukan proses penyambungan yang tidak menggunakan bantuan mesin. Hdpe ataupun jenis mesin lainnya. Biasanya aksesoris ini berguna untuk pipa hdpe yang memiliki panjang melebihi 50 meter, dengan ukuran dibawah 4 inci.
  2. Butt fusion, merupakan jenis aksesoris yang membutuhkan mesin hdpe atau disebut juga welding machine. Prosesnya dimulai dengan melakukan pemanasan pada sisi-sisi pipa dan aksesoris, untuk kemudian disambungkan dalam satu waktu. Pelelehan yang terjadilah yang membuat bagian-bagian pipa merekat.
  3. Electro fusion joint, merupakan jenis aksesoris yang memanfaatkan aliran listrik. Biasanya prosesnya dimulai dengan menggunakan panel beraliran listrik, untuk kemudian menciptakan panas pada bagian pipa hdpe untuk air, dan akhirnya membuat bagian itu meleleh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *