Fakta Mengenai Mesin HDPE yang Wajib  Diketahui

Kamu tentu sudah mengetahui atau minimal tidak asing lagi dengan mesin HDPE. Yups, tepat sekali. Mesin Welding Machine Hdpe Pipe atau yang lebih familiar dengan nama mesin HDPE adalah mesin yang digunakan untuk untuk menyambungkan pipa HDPE (High Density Polyethylene ).

Selain itu, tahukah kamu? Bahwa, sebenarnya ada beberapa fakta menarik yang berhubungan dengan mesin HDPE. Namun, tak banyak orang yang sadar dengan fakta-fakta tersebut. Bagaimana? Penasaran dengan fakta-fakta yang dimiliki mesin HDPE? Yuk perhatikan beberapa fakta menarik, berikut ini.

Jenis Mesin HDPE

Secara umum, mesin HDPE dibagi ke dalam dua tipe. Namun, tahukah kamu? Dari kedua tipe tersebut, mesin HDPE masih dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis tersebut, meliputi :

  1. Mesin HDPE Manual

Mesin HDPE Manual adalah tipe mesin HDPE yang digerakkan dengan tenaga manusia. Gerakan yang diperlukan juga hanya untuk didorong atau sekedar diputar layaknya sistem rell. Tak hanya itu, satu unit mesin HDPE manual, juga dapat digunakan untuk menyambungkan beberapa diameter pipa.

Kendati demikian, mesin HDPE manual kembali terbagi ke dalam beberapa jenis. Jenis-jenis tersebut, meliputi :

    1. Mesin HDPE manual 2 clamp push hand

    2. Mesin HDPE manual 2 clamp

    3. Mesin HDPE manual 4 clamp

    4. Mesin HDPE manual 4 clamp push hand

    5. Mesin HDPE manual 4 clamp press mengukur

  1. Mesin HDPE Otomatis

Kebalikan dengan mesin HDPE manual, mesin HDPE Otomatis atau yang lebih terkenal dengan nama mesin HDPE Hydraulic bekerja dengan menggunakan tenaga listrik. Sehingga kamu tak perlu menggunakan tenaga ekstra untuk mendorong ataupun memutar mesin. Semua akan bekerja sesuai instruksi. Kamu pun hanya perlu memperhatikan detail pemasangan dan peletakan pipa, apakah sudah tepat atau belum?

Selain itu, bila mesin HDPE manual memiliki beraneka ragam jenis, mesin HDPE Hydraulic hanya terdiri dari satu jenis saja. Meskipun demikian, mesin HDPE Hydraulic atau yang lebih familiar dengan nama mesin las hidrolik ( nama pasarannya ) terdiri dari beberapa jenis yang berbeda. Tak seperti mesin HDPE manual, mesin HDPE Hydraulic dibedakan berdasarkan ukurannya.

Umumnya ada 11 jenis ukuran dari mesin hidrolik. Ukuran-ukuran tersebut, terdiri atas SHD 160/63 sampai ukuran paling besar SHD 1200/1000. Tentunya semakin besar ukuran, maka semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan.

Itulah beberapa pengelompokan mesin HDPE berdasarkan tipenya. Bagaimana menurut kamu? Manakah jenis mesin HDPE yang sekiranya cocok untuk kamu? Apakah mesin HDPE manual atau malah sebaliknya?

Metode Pemasangan Pipa HDPE

Sebenarnya ada tiga cara untuk memasang pipa HDPE dengan mudah dan tanpa ribet. Ketiga cara tersebut, meliputi metode tanpa menggunakan alat penyambung ( sambungan mekanik ), metode peleburan elektro dengan fitting dan metode khusus dengan mesin HDPE.

Metode khusus dengan mesin HDPE, lebih terkenal dengan nama Butt Fusion Joint atau Sambungan Butt Fusion. Penamaan Butt Fusion, dikarenakan metode ini dilakukan dengan menyambungkan antar ujung pipa. Jadi, salah satu ujung dari masing-masing pipa akan dipanaskan. Kemudian kedua ujung tersebut, akan disatukan. Sehingga pipa akan terhubung menjadi satu kesatuan.

Bagian-bagian Terpenting Mesin HDPE

Bicara soal pemasangan, kamu tentu membutuhkan banyak peralatan lain untuk menyambungkan dua buah pipa dengan menggunakan mesin HDPE. Namun, kamu tak perlu khawatir ataupun pusing mencari peralatan-peralatan tersebut. Sebab peralatan itu, telah disediakan lengkap dengan mesin HDPE. Sehingga bukan suatu hal yang luar biasa, bila peralatan ini menjadi bagian-bagian terpenting dari mesin HDPE. Penasaran dengan bagian-bagian yang dimaksud? Mari simak beberapa penjelasannya yang terdiri dari :

  1. Pemanas Teflon

  2. Mesin Penyerut

  3. Ragum Penstabil Posisi Pipa

  4. Mesin Hydraulic atau Pendorong Manual ( Seperti namanya, mesin Hydraulic hanya ada dalam paket pembelian mesin HDPE Hydraulic )

  5. Monitor Waktu dan Panas

Nah, itulah beberapa peralatan atau bagian-bagian terpenting yang wajib ada dalam rangkaian mesin HDPE. Semua bagian tersebut, memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing yang sangat berguna bagi mesin HDPE. Sehingga bukan hal aneh bila bagian-bagian itu, tidak dapat dipisahkan dari mesin HDPE, baik mesin manual maupun otomatis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *